3 Layanan Cloud Peyimpanan Data Alternatif

3 Layanan Cloud Peyimpanan Data Alternatif – Setiap orang mungkin pernah dihantui rasa cemas akan kehilangan data-data penting yang dimilikinya. Entah itu berupa dokumen pekerjaan atau foto-foto yang menyimpan banyak kenangan. Data-data tersebut seringkali hanya disimpan di hardisk computer atau flashdisk dan memori. Padahal menyimpan data-data penting dalam hardware semacam itu sangatlah beresiko. Kita bisa kehilangan data-data penting itu tanpa kita sadari. Karena, kita tak pernah tahu apakah hardisk, flashdisk dan memori itu bebas dari virus.

Namun, akibat perkembangan pesat sistem informasi, kini telah tersedia sebuah layanan penyimpanan data secara online. Dengan menyimpan data secara online, data anda akan lebih aman dan anda bisa mengaksesnya sewaktu-waktu tanpa harus membawa flashdisk atau memory. Layanan ini pertama kali dipelopori oleh Cloud penyimpanan data bernama Dropbox. Namun, akhir-akhir ini Dropbox dikabarkan baru saja diretas. Tentu saja ini membuat para pengguna jasa layanan Dropbox khawatir. Tetapi, sebenarnya untuk mengantisipasi hal anda juga bisa menjajal beberapa Cloud penyimpanan data online selain Dropbox. Berikut ini kami hadirkan ulasannya:
1. SpiderOak

Spider oax
SpiderOak merupakan salah satu layanan Cloud penyimpanan data yang tak jauh berbeda dengan Dropbox. Tetapi, jika dilihat dari segi keamanan, SpiderOak lebih terjamin keamanannya karena Cloud ini menggunakan sebuah teknologi enkrispi 2048 bit RSA dan 256 bit AES yang diintegrasikan dengan sandi keamanan sang pengguna. Dengan teknologi ini, keamanan data anda terjamin 100%, bahkan karyawan SpiderOak pun takkan bisa mengaksesnya. SpiderOak ini kompatibel dengan operasi sistem Windows, iOS dan Android.
Anda bisa menikmati layanan Cloud SpiderOak ini secara gratis pada penggunaan 2 GB pertama. Untuk selanjutnya, anda harus membeli paket premium seharga 100$ untuk 100 GB / tahun.
2. Google Drive

Advertisement

Google drive
Ternyata Google juga adalah salah satu perusahaan yang menawarkan layanan Cloud penyimpanan data online, Google menamaina Google Drive. Namun, dibandingkan dengan Cloud lainnya, Google lebih unggul dalam hal kepraktisan. Karena, dalam Cloud ini Google juga memudahkan pengguna dengan aplikasi Google Sheets dan Google Docs.
Cloud Google Drive ini juga kompatibel dengan operasi sistem iOS, Windows dan Android. Anda juga bisa mendapatkan paket gratis sebesar 15 GB untuk penggunaan pertama. Untuk pemakaiaan premium, anda harus membayar 5$ untuk 100 GB / bulan.
3. Copy

copy
Dan terakhir, layanan Cloud penyimpanan data online lainnya yang bisa anda jajal adalah Copy. Layanan ini hampir mirip dengan SpiderOak. Karena, Copy juga menggunakan teknologi enskripsi 256 bit AES dengan keamanan tingkat tinggi. Selain itu, Copy juga kompatibel dengan operasi sistem iOS, Android dan Windows.
Untuk pemakaian pertama anda bisa mendapatkan paket gratis 15 GB. Selanjutnya, untuk paket premium anda dikenai biaya sebasar 9.99 $ untuk 250 GB/ bulan.
Berikut tadi beberapa ulasan tentang Cloud penyimpananan data online alternatife selain dropbox. Anda bisa langsung menjajalnya melalui smartphone anda. Selamat mencoba!

3 Layanan Cloud Peyimpanan Data Alternatif | Rakhmad Hidayattullah | 4.5