Cara Merawat Sepeda Motor Injeksi Biar Awet

Sepeda Motor adalah salah satu kebutuhan primer di jaman sekarang. Hampir semua keluarga memiliki minimal 1 unit motor. Untuk kelengan menengah keatas bahkan memiliki lebih dari 1 atau 2 sepeda motor. Ini bukan sekedar kendaraan tetapi juga kebutuhan. Jika dulu untuk pergi ke warung yang jaraknya 200 meter ditempuh dengan jalan kaki kini sudah tak lagi begitu, pakai motor lah supaya lebih cepet.

Saat ini ada 2 tipe sepeda motor yaitu tipe motor dengan mesin karbu dan mesin injeksi. Mesin injeksi adalah mesin teknologi mutahir yang hadir pertama kali di tahun 2005. Ada banyak sekali perbedaan antara motor bermesin karbu dengan mesin injeksi. Oleh karena itu perawatannya pun dilakukan secara berbeda.

motor injeksi olx

Nah pada kesempatan kali ini kita akan membagikan tips cara merawat sepeda motor injeksi. Ini perlu dibagikan karena masih banyak orang yang belum mengerti cara perawatan dan apa saja hal-hal yang membuat motor injeksi cepet rusak. Terus baca artikelnya dibawah ini ya.

Berikut cara merawat motor injeksi supaya lebih awet :

1. Pakai Bahan Bakar Oktan Tinggi

Untuk perawatan mesin motor supaya umurnya lebih awet anda bisa memakai bahan bakar yang mempunyai oktan tinggi. Dengan memakai bahan bakar oktan tinggi maka sistem pembakaran akan lebih sempurna. Berbeda dengan menggunakan bahan bakar oktan rendah maka akan meninggalkan sisa kerak setelah pembakaran.

Apabila kerak ini semakin menumpuk dan semakin banyak kana proses pembakaran akan mengalami masalah dan ini yang menjadi cikal bakal mesin motor injeksi mengalami masalah.

2. Cek Kondisi Aki

Di dalam semua tipe sepeda motor, aki menjadi hal yang paling vital. Tanpanya proses penghidupan mesin tidak akan berjalan dengan sempurna. Dengan adanya aki mesin bisa hidup karena percikan listrik membuat cikal awal pembakaran di sistem pembakaran.

Untuk itu anda harus selalu mengecek kondisinya. Jika air aki berkurang silakan ditambahkan, atau pun jika sudah tidak bisa memungkinkan untuk dilanjutkan maka anda harus mengganti aki dengan yang baru.

3. Ganti Oli Rutin

Banyak pemakai sepeda motor yang merasa malas mengganti oli. Padahal ini sifatnya sangatlah penting. Oli adalah pelumas mesin. Jika oli sudah tidak layak maka mesin akan mengalami masalah karena pelumasnya sudah tidak berfungsi dengan baik. Bisa anda bayangkan saja jika komponen mesin yang amat banyak itu kekurangan pelumas. Bisa bisa rontok itu mesin. Anda harus mengganti secara rutin sesuai dengan yang disarankan oleh pabrikan motor tersebut.

4. Ikuti Panduan Servis Berkala

Setiap kita membeli sepeda motor sudah pasti tentu akan diberikan buku panduan servis berkala. Anda bisa mengikuti anjuran tersebut karena memang ini wajib dilakukan untuk perawatan motor anda supaya lebih awet. Biasanya bengkel resmi akan menyarankan anda melakukan sevis berkala pada 3000 kilometer. Apalagi jika motor anda dipakai untuk transportasi jarak jauh sehari-hari. Maka servis berkala ini penting untuk anda.

Nah itulah tadi beberapa tips Cara Merawat Sepeda Motor Injeksi Biar Awet. Semoga bermanfaat.

Cara Merawat Sepeda Motor Injeksi Biar Awet | Makka El Fatih Setiawan | 4.5