Nokia Lumia 720, Penerus Lumia 710 dengan Windows Phone 8

Nokia Lumia 720 telah diumumkan secara resmi oleh pihak Nokia sebagai seri Lumia terbaru dari mereka. Generasi penerus dari Nokia Lumia 710 ini akan hadir dengan Windows Phone 8. Ya, memang seri terdahulu dari Nokia Lumia 720, yakni Lumia 710 hanya dibekali Windows Phone 7.5 dan hanya bisa di-upgrade hingga Windows Phone 7.8. Ponsel pintar ini akan hadir dengan spesifikasi yang sedikit lebih baik dan tentunya dengan harga yang sedikit lebih mahal pula.

Nokia Lumia 720

Spesifikasi Nokia Lumia 720

Memiliki desain yang hampir sama dengan seri terdahulunya, Nokia Lumia 720 memiliki ukuran body yang lebih bongsor. Masih menggunakan materiak plastik sebagau bahan dasar, body ponsel pintar ini terlihat kokoh dan berkesan colorful dengan back case yang tersedia dalam beberapa warna dan dapat diganti-ganti. Dengan ketebalan 9 mm dan berat 128 gram, Lumia 720 cukup ramping ketika dibawa.

Nokia Lumia 720 dibekali layar Clear Black berukuran 4,3 inchi dengan resolusi WVGA (800 x 480). Layar terasa sangat sensitif, sehingga masih dapat digunakan dengan sarung tangan atau kuku. Hal ini tentu sangat bermanfat bagi pengguna yang tidak terbiasa dengan layar sentuh.

Lumia 720 disokong prosesor dual-core berkecepatan 1 GHz dan RAM 512 MB sebagai dapur pacunya. Ponsel yang sengaja dirancang untuk konsumen mid-range ini memiliki memori internal 8 GB plus slot memori card yang dapat di-upgrade hingga kapasitas 64 GB. Meskipun tidak terlalu “wah”, namun segala komponen hardware yang terdapat di Nokia Lumia 720 masih bekerja dengan bagus dengan sistem operasi Windows Phone 8.

Untuk konektivitas, ponsel ini dibekali akses internet di jalur 3G/ HSDPA, selain WiFi yang juga tersedia sebagai alternatif ketika tidak dapat terhubung ke operator. Bluetooth dan kabel data juga telah tersedia untuk keperluan transfer data.

Sisi kamera menjadi salah satu kelebihan dari Nokia Lumia 720. Ponsel ini memiliki kamera beresolusi 6.7 MP dari Carl Zeiss, yang terkenal dengan kualitas kameranya. Lumia 720 dapat melakukan rekaman video dengan resolusi 720p dan berkecepatan 30fps.

Harga Nokia Lumia 720

Harga handphone Nokia terbaru ini secara resmi dibuka pada € 249 atau sekitar 2,9 – 3 juta jika dikonversi ke Rupiah. Harga Nokia Lumia 720 memang lebih mahal, namun cukup sepadan dengan spesifikasi di dalamnya.

Ponsel ini akan mulai dipasarkan pada awal Maret 2013 di beberapa negara Amerika dan Eropa, dan kabarnya sudah tersedia secara global pada pertengahan tahun ini. Anda penasaran? Kita tunggu saja kehadiran Nokia Lumia 720 di Indonesia.

Nokia Lumia 720, Penerus Lumia 710 dengan Windows Phone 8 | Tim Majalah Ponsel | 4.5