Review : Nokia Lumia 520, Harga Murah Performa Tak Kalah Apik

Nokia tidak ingin kehilangan pelanggan di sektor menengah dengan menghadirkan Nokia Lumia 520. Dengan mengusung Windows Phone 8, Nokia Lumia 520 tetap dilepas dengan harga yang cukup bersahabat. Penasaran dengan performa ponsel pintar yang satu ini? Berikut ini Majalah Ponsel sajikan review lengkap dengan harga dan spesifikasi Nokia Lumia 520.

Spesifikasi Nokia Lumia 520

Desain – Masih mengusung konsep yang sama dengan seri Lumia lainnya, Nokia Lumia 520 hadir dengan desain kotak yang trendi. Ukuran body sedikit lebih kecil dari Lumia 620, namun juga sedikit lebih tebal. Mempertahankan sisi ergonomis, bagian belakang Lumia 520 dibuat melengkung ke dalam. Dibuat dengan bahan plastik, ponsel ini hadir dalam berbagai varian warna yang keren dengan back cover yang dapat diganti.

Review Nokia Lumia 520

Pada bagian atas sisi ponsel, terdapat jack audio 3,5 mm, sementara di sisi bawah ditempatkan USB port. Tombol power/ lock dan shutter diletakkan berjejer di sisi kanan. Slot micro SIM card dan microSD terdapat pada bagian dalam, tertutup oleh back cover.

Layar dan interface – Meskipun memiliki ukuran yang lebih kecil, namun Nokia Lumia 520 memiliki layar yang lebih luas dari Lumia 620. Ponsel pintar ini memiliki layar sentuh IPS berukuran 4 inchi dengan resolusi 480 x 800 pixels dan kepadatan warna ~233 ppi. Layar ini sudah dibekali dengan teknologi Scratch-resistant glass yang membuat layar ponsel ini kebal akan goresan.

Untuk interface-nya, tak berbeda dengan seri Lumia dengan Windows Phone 8 lainnya, ponsel ini dijejali UI Live Tile. Motif kotak-kotak yang menjadi ciri khasnya memungkinkan pengguna untuk mengakses langsung ke dalam ponsel dengan sentuhan pada homescreen.

Hardware – Meski berlabel smartphone level mid-end, Nokia Lumia 520 hadir dengan dapur pacu yang cukup apik. Perangkat ini dibekali dengan prosesor Dual-core 1 GHz dengan chipset Qualcomm MSM8227 dan dipadukan dengan RAM 512 MB. Untuk pengalaman grafis yang baik, Nokia tak lupa menambahkan GPU Adreno 305. Pada ponsel ini juga telah tersedia memori internal berkapasitas 8 GB dengan slot microSD yang dapat diekspansi hingga 64 GB.

Advertisement

Berbekal spesifikasi hardware seperti ini, Nokia Lumia 520 mampu menghasilkan performa Windows Phone 8 yang tak kalah dengan seri Lumia di atasnya. Perangkat ini dilengkapi dengan baterai lithium ion berkapasitas 1430 mAh yang diklaim mampu bertahan selama 3 hari dalam mode standby.

Software – Berbekal Windows Phone 8, Lumia 520 tentunya hadir dengan berbagai macam aplikasi standar dari Microsoft. Windows Phone Store, XBOX, dan Office sudah terdapat di dalamnya. Tak lupa aplikasi peta digital khas Nokia, seperti HERE Drive dan HERE Maps yang bisa membantu pengguna ketika sedang bepergian. Ada juga aplikasi tambahan untuk kamera, seperti Creative Studio, Cinemagraph, serta Smart Shoot yang membuat pengalaman dalam mengabadikan momen, baik foto maupun video, menjadi lebih seru. Nokia juga menambahkan Nokia Collection Store dan App Highlights yang memungkinkan pengguna untuk menjelajahi lebih banyak aplikasi lainnya.

Kamera – Untuk mengabadikan gambar, Nokia Lumia 520 dibekali dengan kamera 5 MP yang dapat menangkap gambar dengan resolusi maksimal 2592×1936 pixels. Kualitas foto yang dihasilkan cukup bagus, namun sayangnya kamera ini tidak dibekali dengan LED Flash yang membuat kamera ini tidak cukup bagus digunakan dalam kondisi minim cahaya. Beberapa aplikasi dapat ditambahkan untuk memaksimalkan kamera Nokia Lumia 520, salah satunya yang menarik adalah fitur Smart Shoot, dimana kamera dapat menangkap 5 gambar sekaligus dan pengguna dapat memilih gambar terbaik. Untuk merekam, kamera ini dapat menghasilkan video dengan resolusi 720p dengan kecepatan 30fps. Sayangnya, Lumia 520 tidak disertai dengan kamera depan.

Konektivitas – Untuk terhubung ke internet, Nokia Lumia 520 telah didukung oleh jaringan data di jalur HSDPA 21.1 Mbps/ HSUPA 5.76 Mbps. Selain itu, telah tersedia Wifi (dual-band)/ Wifi Hotspot bagi pengguna ketika tidak dapat menjangkau jaringan dari operator. Untuk transfer file antar perangkat, pengguna dapat memanfaatkan Bluetooth v3.0 with A2DP dan micro USB.

Harga Nokia Lumia 520

Dengan berbagai spesifikasi apik yang dibawanya, Nokia Lumia 520 hanya dibanderol seharga Rp. 1.975.000. Sangat cocok bagi pengguna pemula dalam mengoperasikan Windows Phone 8. Meskipun masih terdapat beberapa kekurangan, namun dengan performa yang bagus dan berbagai aplikasi baru, bisa jadi Lumia 520 bakal menjadi idola baru bagi konsumen di level middle.

Demikian review, serta harga dan spesifikasi Nokia Lumia 520. Nantikan review ponsel lainnya hanya di Majalah Ponsel. Semoga review Nokia Lumia 520 ini bermanfaat bagi anda.

Review : Nokia Lumia 520, Harga Murah Performa Tak Kalah Apik | Tim Majalah Ponsel | 4.5