Tips Sukses Usaha Jual Beli Motor Modal Kecil

Mau tahu apa saja sih tips usaha jual beli motor dengan modal kecil supaya bisa sukses dan berkembang menjadi besar ? Disini kita akan mencoba membagikan tipsnya untuk anda semua. Terus baca artikel ini sampai selesai ya.

Saat ini memiliki sebuah kendaraan bermotor buka lagi dipandang sebagai kebutuhan sekunder atau kebutuhan tambahan melainkan sudah bergeser menjadi kebutuhan utama bagi sebagian besar orang. Tanpa bisa kita pungkiri bahwa dengan memiliki kendaraan sepeda motor tentu mobilitas kita jadi lebih mudah karena kita bisa pergi ke berbagai tempat dalam jangkauan jarak yang cukup jauh dalam waktu singkat. Apalagi ditambah dengan banyaknya perusahaan kendaraan roda dua yang berlomba lomba mengeluarkan berbagai produk sepeda motor dengan berbagai keunggulan baik itu transmisi manual maupun automatic bahkan jenis motor yang jarang peminatnya sekalipun.

Banyak mungkin dari konsumen yang membeli sepeda motor dengan kondisi baru langsung dari dealer atau show room resminya. Namun tidak sedikit pula orang yang lebih memilih membeli motor bekas dengan kondisi yang baik dan prima dengan berbagai pertimbangan mendasar seperti harganya yang jauh lebih murah. Inilah yang bisa menjadi peluang anda untuk mencoba peruntungan pada bisnis jual beli motor bekas. Jika anda berfikir bisnis sepeda motor bekas memerlukan modal yang besar, anda harus berfikir ulang, karena dalam artikel ini kami akan memberikan informasi sekaligus  Tips Sukses Usaha Jual Beli Motor Modal Kecil yang bisa anda praktikkan.

Beli-Motor-Bekas-02-Finansialku

  • Anda tidak sendiri

Kiat Sukses Bisnis Motor Bekas pertama yang harus anda ingat adalah bahwa pebisnis jual beli motor bekas bukan cuma anda seorang, dalam artian anda memiliki puluhan bahkan ratusan kompetitor yang memiliki usaha sama seperti anda. Jadi anda harus bisa memberikan diferensiasi atau pembeda antara usaha yang anda miliki dengan usaha lain. Dengan mengantongi hal tersebut, tentu lapak motor bekas anda lebih mudah untuk diingat di hati calon pembeli.

  • Tidak mencari untuk terlalu besar

Pertimbangan yang pertama mengapa orang membeli motor bekas adalah keterbatasan dana. Jika anda paham betul konteks ini, maka yang bisa anda lakukan untuk menarik perhatian calon pembeli adalah jangan terlalu tinggi mematok harga jual. Memang hal itu tentu saja akan berpengaruh pada besar kecilnya untung yang anda dapatkan, tetapi aka lebih baik untuk yang sedikit tetapi perputaran motor serta uang lancar bukan daripada untuk banyak tetapi produk yang anda jajakan tidak laku di pasaran.

  • Lihat pasara motor bekas di sekitar anda

Anda bisa melihat pasar konsumen yang ada di sekitar anda untuk menarik kesimpulan jenis produk, merk produk atau warna produk mana yang paling diminati pasar. Misalnya saja di sekitar anda bayak sekali orang-orang yang menggunakan kendaraan bermotor jenis honda beat, dengan pertimbangan ini tentu akan lebih besar kemungkinan pat terjual jika anda menjajakan motor Honda Beat bekas dibandingkan motor jenis Honda Scoopy misalnya. Untuk pemilihan warna, tidak ada salahnya kalau anda prepare warna warna netral yang bisa digunakan untuk semua kalangan baik tua muda serta laki-laki maupun perempuan seperti hitam, biru atau hijau.

  • Kenali produk yang anda jual

Jika pertimbangan harga jual tadi menjadi tipe pembuka, maka kelanjutannya adalah anda harus paham betul kalau motor yang anda jual tersebut memang berkualitas dan layak untuk digunakan. Pastikan kondisi mesin yang prima sehingga pembeli tidak akan kecewa. Meskipun motor bekas yang anda jual memang dibeli dalam keadaan bermasalah, segera lakukan perbaikan atau service hingga tidak memiliki kendala. Jika motor yang anda jual ternyata mengecewakan tentu saja bisnis anda tidak akan bisa bertahan lama karena kepuasan konsumen tidak menjadi bahan pertimbangan anda. Aka lebih baik jika anda menjajakan beberapa jenis motor seperti motor bebek, motor matic sehingga konsumen memiliki lebih banyak pilihan.

  • Kelengkapan surat serta perijinan kendaraan

Motor motor bekas yang dijajakan terkadang identik dengan motor yang tidak lengkap perijinannya. Sebaiknya anda menjual motor dengan kelengkapan surat yang lengkap sesuai dengan BPKP atau STNK. Selain demi keselamatan anda menjual motor yang tidak dilengkapi dokumen resmi juga merupakan tindakan kejahatan yang melawan hukum.

  • Perhatikan lokasi show room

Lokasi yang strategis dan menjangkau banyak orang memiliki peluang lebih besar untuk mempromosikan motor bekas yang anda jajakan. Pilihlah lokasi showroom atau tempat pajang kendaraan anda di wilayah yang ramai lalu lalang orang, misalnya saja lapak di perempatan jalan atau yang dekat dengan tempat pelayanan publik seperti pasar, bank maupun pusat perbelanjaan. Makin banyak yang melihat jualan anda semakin besar kemungkinan menggiring konsumen.

Tips-Sukses-Menjalankan-Bisnis-Jual-Beli-Motor-Bekas

  • Pengetahuan tentang kendaraan dan teknik marketing

Ketika anda menjual kendaraan berupa motor bekas, pastikan bahwa anda sedikit banyak mengetahui tentang produk tersebut. Misalnya saja cara melakukan test atau cek mesin dan lain sebagainya. Ilmu ini sangat ampuh untuk meyakinkan konsumen atau sekadar memberikan informasi terhadap konsumen yang bisa jadi memberikan pertanyaan ketika hendak negosiasi dengan anda. Jawablah dengan rasional dan sesuai fakta, jika anda berlebihan dalam menjelaskan tentang keunggulan produk yang ada jual, calon pembeli mungkin akan ragu.

Yang tidak kalah penting yaitu teknik marketing dimana bisa jadi anda melakukan promosi untuk menarik perhatian calon pembeli. Misalnya memberikan potongan harga atau diskon saat momen momen tertentu misalnya hari kemerdekaan RI maupun saat hari besar keagamaan seperti idul fitri serta natal. Tidak hanya itu berikan hadiah hadiah kecil bisa jadi cara jitu yang ampuh untuk membuat orang mampir dan memborong motor bekas anda, hadiahkan payung, mug, helm maupun jaket yang memang berguna untuk digunakan ketika berkendara.

  • Promosi

Semua bisnis rasanya tidak akan pernah meninggalkan point yang satu ini, lakukan promosi secara intens yang baik dan benar agar menarik perhatian calon pembeli. Di lapak atau show room tempat anda memajang motor motor bekas yang hendak anda jual, beritahukan dengan menggunakan banner atau umbul-umbul sehingga bisa menarik minat orang yang melintas. Tidak hanya itu, anda juga bisa membagikan foto-foto motor yang anda jajakan pada media sosial yang saat ini menjadi ujung tombak dalam promosi digital.

Untuk memulai sebuah bisnis memang anda harus tekun dan tidak mudah menyerah karena di fase awal biasanya tidak berjalan mulus sesuai dengan rencana yang anda susun. Namun strategi serta taktik diperlukan agar bisnis jual beli motor bekas yang anda jalani bisa terus berjualan dan jauh dari kata bangkrut. Tidak ada kata terlambat untuk memulai suatu bisnis. Bisnis jual beli motor bekas tidak hanya bisa menjanjikan keuntungan finansial semata tetapi juga relasi yang banyak bisa menjadi keuntungan yang lainnya. Yang jelas bisnis ini tidak hanya bisa dijadikan bisnis sampingan semata tetapi juga sebagai bisnis utama yang menghasilkan pundi pundi rupiah dengan jumlah yang fantastis. Semoga informasi serta Tips Bisnis Mokas Minim Modal yang baru saja anda simak bisa memberikan sedikit pencerahan dan arahan, selamat mencoba.

Tips Sukses Usaha Jual Beli Motor Modal Kecil | Syella | 4.5