ZTE Open, Smartphone Terbaru dengan OS Firefox

ZTE Open menjadi salah satu pusat perhatian kala berlangsungnya Mobile World Congress (MWC) 2013 di Barcelona, Spanyol. Berlangsungnya ajang tahunan untuk perusahaan ponsel global ini  tampaknya sekaligus dimanfaatkan oleh Firefox untuk memperkenalkan  sistem operasi mereka yang dirancang khusus untuk smartphone pada ZTE Open. ZTE Mobile adalah perusahaan pertama yang mengadopsi OS Firefox pada produk ponsel mereka.

ZTE Open

Sebelumnya memang telah dikabarkan bahwa Firefox dan ZTE Mobile sepakat melakukan kerjasama. Vendor ponsel asal Cina ini sepertinya telah mulai merangsek masuk ke pasar global. Ini terbukti dengan terwujudnya ZTE Open yang kabarnya tak lama lagi akan segera dipasarkan di seluruh dunia. Suksesnya di sektor harga, membuat beberapa vendor ponsel Asia, khususnya Cina, mulai diperhitungkan sebagai pesaing kuat.

Advertisement

ZTE Open sendiri dibuat untuk pengguna low-end. Body ZTE Open terbuat dari material plastik layaknya produk ponsel asal Cina lainnya. Ponsel ini memiliki layar selebar 3,5 inchi (480 x 320 pixels). ZTE Open akan dibekali dengan prosesor Qualcomm Snapdragon Cortex A5 600 Mhz atau 800 MHz yang dikombinasikan dengan GPU Adreno 200. Untuk RAM, smartphone Firefox ini hanya dibekali memori sebesar 256 MB, sedangkan memori internal hanya berkapasitas 512 MB.

Untuk bagian multimedia, ZTE Open memiliki kamera beresolusi 3,2 MP yang diletakkan pada bagian belakang ponsel. Fitur lain yang juga terdapat pada smartphone terbaru ini adalah sektor konektivitas yang sudah dilengkapi dengan WiFi dan Bluetooth. Sebagai sumber daya, ponsel pintar ini disokong oleh baterai dengan kapasitas 1200 mAh.

Meskipun baru sekedar dipamerkan, namun tampaknya ZTE Open sudah memiliki saingan, yakni Alcatel Touch Fire, ponsel berbasis Firefox yang juga terlihat dipajang di MWC 2013. Penasaran dengan ZTE Open? Kita tunggu saja kabar selanjutnya.

ZTE Open, Smartphone Terbaru dengan OS Firefox | Tim Majalah Ponsel | 4.5