5 Ciri Air purifier Terbaik dan Cara Penggunaannya

Memiliki keluarga yang sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit adalah harapan semua orang. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan air purifier terbaik. Pemilihan jenis air purifier yang tepat tentu akan memberikan dampak yang lebih baik bagi keluarga.

Untuk mendapatkan alat filter udara terbaik tersebut, dibutuhkan ketelitian saat melakukan pembelian. Ada beberapa ciri atau kriteria yang harus ada pada air purifier untuk bisa dinyatakan sebagai alat terbaik. Simak penjelasan berikut ini untuk dapatkan informasi lengkap tentang air purifier.

Ciri-Ciri Air Purifier Terbaik

Ada beberapa kriteria atau ciri yang perlu dipastikan sebelum membeli air purifier terbaik dan termurah. Pastikan alat yang akan dibeli memiliki beberapa kriteria berikut ini agar mendapatkan kualitas terbaik.

1.      Bisa Tingkatkan Kualitas Udara

Hal pertama yang perlu dipastikan adalah bekerjanya fungsi dari air purifier tersebut dalam meningkatkan kualitas udara. Sebagaimana penjelasan dari Renonation yang menerangkan bahwa proses pemurnian udara terjadi sama seperti proses pemurnian air.

Hasil dari pemurnian tersebut adalah dengan hilangnya berbagai macam bahan kimia yang bisa membahayakan kesehatan. Oleh karena itu, harus dipastikan saat akan memilih jenis air purifier bagian filternya bisa berjalan dengan baik.

2.      Bantu Jaga Kesehatan

Ciri dari alat penyaring udara terbaik lainnya adalah dengan berfungsinya alat tersebut dalam membunuh berbagai macam jenis patogen. Baik itu yang berasal dari virus, bakteri, ataupun jamur yang berada di udara.

Jika alat yang dibeli bisa berfungsi dengan baik, maka keluarga akan terlindungi dari berbagai macam penyakit akibat patogen. Sehingga, kualitas kesehatan keluarga juga akan meningkat dengan seiring berjalannya waktu.

Saat pemilihan pembelian alat sudah tepat, maka dapat dikatakan bahwa telah ada upaya pencegahan dari berbagai penyakit. Adanya pencegahan ini akan membuat keluarga lebih aman dan tidak perlu melakukan pengobatan yang serius.

3.      Tingkatkan Kualitas Tidur

Salah satu penyebab mudahnya seseorang terkena penyakit adalah adanya tingkat kualitas tidur yang kurang baik. Oleh karena itu, harus dipastikan bahwa manfaat dari alat yang dibeli bisa berjalan dengan maksimal terutama bisa membantu perbaiki kualitas tidur.

Karena pada dasarnya air purifier terbaik ini juga berfungsi untuk memberikan udara dengan bau yang lebih segar dan juga bersih. Sehingga, perlu diperhatikan pada hasil udara yang telah difilter apakah sudah hilang bau tidak sedapnya atau belum.

Jika fungsi ini bisa berjalan dengan baik, maka dapat dipastikan bahwa air purifier tersebut telah memenuhi kriteria air purifier terbaik untuk kamar. Dengan begitu, tidak ada yang perlu dikhawatirkan lagi akan kualitas dari alat tersebut.

4.      Hilangkan Virus Secara Efektif

Ada beberapa jenis air purifier yang memiliki spesifikasi produk terbaik. Salah satu fitur spesifikasi tersebut adalah dengan adanya filter HEPA. Jenis filter ini sangat efektif dalam menghilangkan berbagai macam partikel kecil termasuk virus.

Bahkan filter ini mampu hilangkan semua virus, bakteri ataupun alergen dengan tingkat efisiensi mencapai 99,97%. Termasuk virus covid 19 yang saat ini menjadi salah satu pandemi dunia.

Untuk mematikan virus covid 19 ini, filter HEPA harus menemukan virus tersebut sudah terikat dengan partikel lain. Beberapa jenis ikatan yang biasa ditempeli virus covid diantaranya tetesan air ataupun aerosol. Adanya keterikatan ini akan membuat ukuran virus bisa mencapai 0,5-3 mikron.

5.      Gunakan Banyak Cara dalam Saring Udara

Perlu diketahui bahwa sistem air purifier menggunakan salah satu dari lima cara penyaringan udara. Berikut ini adalah 5 cara dalam menyaring ataupun membersihkan udara:

a.      Ozon atau O3

Penggunaan ozon dalam proses penyaringan menggunakan prinsip dengan menempel pada berbagai macam partikel yang membahayakan. Adanya prinsip kerja ini akan membuat berbagai macam virus, bakteri dan alergen menempel pada udara tersebut.

Jika telah terjadi penempelan, maka kontaminan bio akan dihilangkan ataupun dibuat menempel pada objek benda padat lainnya. Setelah proses tersebut berlangsung, maka O3 akan berubah menjadi oksigen kembali.

Dalam penggunaan cara ini, dibutuhkan konsentrasi O3 yang lebih banyak agar bisa melakukan pemurnian udara. Namun, perlu diketahui bahwa paparan O3 yang cukup tinggi juga bisa membahayakan bagi kesehatan. Oleh karena itu, harus lebih bijak dalam memilih air purifier.

b.     Filter HEPA

Filter ini memiliki kemampuan untuk menangkap partikel dengan ukuran lebih dari 0,3 mikron. Adanya kemampuan ini, lebih memungkinkan alat filter ini untuk menyaring virus, bakteri, ataupun jamur. Sehingga udara yang dihasilkan akan menjadi lebih bersih dari sebelumnya.

Selain itu, filter dengan jenis HEPA ini juga lebih direkomendasikan karena tidak memiliki efek kesehatan seperti filter ozon. Maka dari itu, adanya filter ini menjadi salah satu ciri dari air purifier terbaik.

c.      Filter Karbon Aktif

Karbon aktif sering disebut juga dengan istilah arang aktif yang memiliki kemampuan tingkat penyerapan yang tinggi. Adanya kemampuan ini, akan membuat polutan yang berasal dari bahan kimia bisa tersaring dengan baik.

Adanya kemampuan ini bisa membuat udara lebih segar dengan baunya yang aman untuk dihirup. Pada jenis air purifier tertentu, ada yang memadukan kecanggihan filter karbon aktif dengan HEPA. Perpaduan kedua jenis filter ini tentu akan menguntungkan bagi pengguna.

d.     Sinar Ultraviolet

Penggunaan sinar UV biasanya akan dimanfaatkan setelah penyaringan dari HEPA ataupun karbon aktif. Jika teknologi sinar ultraviolet ini dimanfaatkan, maka virus ataupun bakteri bisa dibasmi dengan cukup cepat.

e.      Ion Negatif

Ion negatif yang dimaksud disini adalah oksigen yang telah mendapatkan tambahan elektron. Ion ini akan menarik berbagai macam partikel yang dibawa oleh udara. Sebagaimana diketahui bahwa udara bisa membawa berbagai macam jenis partikel dari mulai tak kasat mata hingga kasat mata.

Jika partikel tersebut bertemu dengan ion negatif, maka partikel tersebut akan dialihkan untuk menempel pada benda lainnya seperti dinding, tirai ataupun jendela.

Cara Penggunaan Air purifier

Fungsi penggunaan dari alat yang digunakan sebagai pembersih udara, membuat orang bingung dengan cara penggunaannya. Bahkan, masih banyak orang yang bertanya apakah air purifier boleh dinyalakan terus? 

Durasi dalam menyalakan alat ini tentu akan berpengaruh pada perawatan alat ini. Oleh karena itu, perlu diketahui durasi maksimal sebelum menggunakan. Untuk durasi terbaik dalam menggunakan alat ini adalah 5 hingga 8 jam.

Setelah dinyalakan dalam rentang waktu tersebut, upayakan untuk mematikan agar alat bisa beristirahat dan tetap terawat. Meskipun dengan durasi 5 hingga 8 jam, alat ini tetap bisa digunakan saat akan tidur. Jadi tidak perlu khawatir akan suplai udara yang baik saat berada dalam posisi tidur.

Berdasarkan penjelasan lengkap mengenai ciri dan cara penggunaan air purifier terbaik. Drew Pure 5 bisa menjadi pilihan untuk dijadikan air purifier terbaik untuk alergi. Tidak perlu khawatir akan kualitas alat dari drewcare.id ini, karena alat ini telah dilengkapi dengan filter HEPA dan juga karbon.

Leave a Comment