Cara Membeli Mobil Bekas yang Berkualitas

 

Cara Membeli Mobil Bekas – Beli mobil bekas tak bisa dilakukan sembarangan. Apalagi mobil bekas yang berkualitas. Asal-asal melakukannya bisa membuatmu mendapatkan mobil bekas yang tak berkualitas. Untuk itu, perlu dilakukan cara khusus untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas.

Kalau kamu belum tahu caranya, jangan khawatir. Di sini, kami akan bagikan beberapa cara membeli mobil bekas yang berkualitas dan bisa kamu lakukan. Beberapa cara itu bisa kamu simak di bawah ini!

Cara Membeli Mobil Bekas Berkualitas

1. Tentukan Budget yang Hendak Dikeluarkan

Walau mobil bekas harganya murah, bukan berarti kamu tak perlu memikirkan soal dana. Justru kamu harus siapkan budget sedini mungkin sebelum membelinya.

Menentukan budget di awal bisa membuatmu tahu mobil macam apa yang dibeli, serta metode beli apa yang mau diterapkan. Misalnya: kalau budgetmu tergolong besar, kamu bisa membeli mobil bekas berkualitas secara cash. Sedangkan bila budget agak kurang, kamu bisa coba membelinya dengan sistem cicil. Agar lebih mudah menentukan budgetnya, kamu bisa melihat daftar harga mobil bekas di showroom atau situs jual-beli bekas.

2. Pilihlah Tempat Membeli Mobil Bekas Secara Cermat

Setelah budget ditentukan, sekarang waktunya menentukan tempat pembelian mobil bekas. Untuk soal ini, kamu mesti menentukannya secara cermat.

Caranya, tentukan dulu dua sampai tiga tempat pembelian mobil bekas yang hendak dituju. Tiap tempatnya mesti kamu cek satu per satu. Mulai dari sejarah berdirinya, kepuasan pelanggan terhadap layanan mereka, sampai harga yang mereka patok. Cek pula apakah mereka menyediakan garansi pada mobil yang mereka jual atau tidak. Jika ada satu tempat yang dirasa cocok, kamu bisa membeli mobil bekas di satu tempat tersebut.

3. Cek Langsung Mobilnya

Terlepas kamu membelinya secara online maupun offline, kamu wajib datang ke si penjual mobil guna mengecek mobilnya. Dengan cek langsung, kamu bisa melihat bentuk dan kondisi mobilnya, apakah sesuai dengan yang dideskripsikan si penjual atau malah sebaliknya.

4. Cek Berbagai Aspek yang Ada Pada Mobil

Cara ini masih berkaitan dengan cara sebelumnya. Jadi, saat kamu mengecek mobil secara langsung, kamu mesti cek berbagai aspek yang ada pada mobil.

Hal pertama yang mesti dicek adalah interior dan eksterior. Pada interior, kamu bisa cek dasbor, jok, dan kursi mobil. Sedangkan pada eksterior, kamu mesti cek tampilan bodi mobil dan lampunya. Pastikan tak ada satu pun bagian yang cacat pada interior dan eksteriornya.

Mesin pun patut kamu cek. Caranya, nyalakan mobil dan dengarkan suara deru mesinnya. Ciri mobil dengan mesin masih bagus adalah suara mesinnya masih halus terdengar. Bila diperlukan, kamu bisa melakukan test drive untuk mengecek performa mobilnya.

Hal terakhir yang mesti dicek adalah kelengkapan suratnya, mulai dari BPKB, STNK, hingga buku riwayat servis.

Itulah beberapa cara membeli mobil bekas berkualitas versi Majalahponsel.net. Semoga bisa menjadi panduan saat kamu mau membeli mobil bekas.

Leave a Comment