Cara Mengatasi Kegagalan Upgrade Firmware Pada Smartphone

Pembaruan Galaxy firmware pada ponsel Samsung diperlukan untuk mengatasi berbagai program yang berjalan kurang optimal. Untuk memperbarui firmware, pengguna harus mempersiapkan ponsel agar tidak gagal upgrade. Tapi, bagaimana jika sudah gagal? Apakah ada cara mengatasi kegagalan upgrade firmware pada smartphone?

Saat upgrade, bisa jadi proses memperbarui berhenti mendadak ataau sistem tidak mau diperbarui. Hal ini sebenarnya bisa disebabkan oleh beberapa hal. Mulai dari hp yang diroot, sambungan internet yang terputus, dan lain sebagainya. Jika pembaca mengalami gagal upgrade, ikuti langkah-langkah berikut untuk mengatasinya, seperti yang dikutip dari galaxyfirmware.com

  1. Lakukan Unroot

Tahukah bahwa hp android yang diroot akan kesulitan melakukan upgrade firmware? Apabila pembaca kesulitan untuk melakukan upgrade dan ponsel pembaca juga sudah diroot, maka pembaca dapat melakukan unroot sebagai cara mengatasi kegagalan upgrade firmware pada smartphone.

Cara menghapus root sebenarnya cukup mudah, yaitu dengan melakukan flashing. Sebelum memperbarui firmware, cadangkan data-data pada ponsel. Kemudian, lakukan flashing untuk mengembalikan ponsel ke setelan pabrik. Jika root sudah bersih dari hp selanjutnya pengguna bisa melakukan pembaruan firmware.

  1. Ubah Sambungan Internet

Koneksi internet yang terputus di tengah jalan juga dapat menyebabkan kegagalan upgrade firmware. Sebelum melakukan upgrade, pengguna sudah semestinya mempersiapkan koneksi internet yang cukup stabil agal proses instalasi pembaruan dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala.

Apabila koneksi tiba-tiba terputus, pengguna sebaiknya tidak melanjutkan kembali proses pembaruan. Ubahlah sambungan internet dengan koneksi yang stabil terlebih dahulu. Jika sudah dipastikan koneksi lebih stabil, ulangi lagi proses pembaruan dari awal agar tidak ada kesalahan pada pembaruan atau file firmware yang corrupt.

  1. Isi Daya Baterai Hingga 50%

Syarat untuk melakukan pembaruan adalah ponsel mempunyai ketersediaan baterai setidaknya 50%. Ini dikarenakan proses pembaruan umumnya memakan waktu yang tidak sebentar. Waktu yang tidak sebentar ini dapat menghabiskan daya baterai. Oleh sebab itu, baterai harus mempunyai daya yang cukup sebelum melakukan upgrade.

Jika proses pembaruan tiba-tiba berhenti, boleh jadi hal ini disebabkan daya baterai yang semakin menipis. Untuk mengatasinya, lakukan pengisian daya terlebih dahulu. Setidaknya daya baterai harus terisi 50% sebelum mulai melakukan pembaruan lagi dari awal.

  1. Lakukan Upgrade Manual

Terakhir, pembaca dapat mengatasi kegagalan upgrade dengan mengulangi proses upgrade namun dilakukan secara manual. Cara upgrade ini tidak memerlukan pengguna untuk melakukan pembaruan melalui notifikasi ketersediaan update baru. 

Pengguna dapat mengunduh file firmware versi terbaru sesuai dengan tipe hp pengguna melalui situs terpercaya. Jika sudah mendapatkan file, pengguna dapat menginstall file firmware untuk memulai proses pembaruan.

Itulah beberapa cara mengatasi kegagalan upgrade firmware pada smartphone. Pastikan untuk mengetahui cara melakukan update firmware secara mandiri terlebih dahulu sebelum mempraktikkannya. Periksa juga ketersediaan dan versi file firmware agar proses pembaruan dapat dijalankan.

Leave a Comment