Cara Menjaga Kaca Aquarium Agar Tetap Bening dan Jernih

Ikan hias merupakan salah satu hobi yang cukup menarik. Mungkin tidak terlalu menantang, tapi dengan keberadaan ikan hias di rumah akan menambah kesan estetik pada hunian Anda. Untuk bisa memelihara ikan hias bukan perkara yang mudah. Anda tidak hanya sekadar memberi makan ikan hias dan melakukan dekorasi terhadapa kehidupan di dalam aquarium saja. Anda juga harus memahami cara membersihkan kaca aquarium.

Ada beberapa tempat yang bisa Anda gunakan untuk koleksi ikan hias. Jika memiliki tempat yang luas, maka Anda bisa membuat kolam replica untuk ikan hias hidup dan berkembang biak di sana. Namun, jika lokasi Anda tidak memungkin untuk hal tersebut, maka alternative terbaik adalah dengan membuat aquarium.

Untuk merawat aquarium tentu memiliki tantangan tersendiri. Anda tidak hanya sekadar mengganti air atau menghias aquarium agar terkasan indah. Anda juga harus memahami bagaimana perawatana ikan hias di dalam aquarium dan cara untuk membersihkannya.

Berikut ini adalah cara mudah untuk membersihkan kaca aquarium. Dengan memerhatikan kebersihannya, maka jangka waktu hidup ikan hias yang ada di aquarium juga bisa lebih lama. Aquarium Anda juga jadi terlihat bersih dan enak untuk dipandang.

Gunakan Alga Scrapper

Alga scrapper merupakan sebuah alat untuk membersihkan alga yang menempel pada dinding atau kaca aquarium. Alga yang tumbuh pada dinding atau kaca aquarium biasanya disebabkan oleh kualitas air yang tidak bagus. Untuk mengurangi atau memperlambat pertumbuhan alga, maka cara mudah untuk membersihkan kaca aquarium bisa dengan melakukan pergantian air secara rutin dan gunakan alga scrapper untuk membersihkan kaca aquarium.

Gunakan Sponge atau busa

Busa atau sponge kerap digunakan untuk membilas atau mencuci piring. Namun, fungsi lainnya juga dapat membersihkan kaca pada aquarium, Penggunaan busa cukup efektif untuk mengangkat kotoran yang menempel pada kaca aquarium. Anda bisa melakukan pembersihan ini setidaknya satu kali dalam seminggu.

Gunakan Kawat Gosok Piring

Selain sponge, kawat gosok piring juga sangat ampuh untuk membersihkan kaca bagian dalam aquarium. Penggunaan kawat gosok piring sangat bagus untuk membersihkan kotoran yang sukar dibersihkan dengan menggunakan sponge. Agar kotoran tersebut mudah untuk dibersihkan, Anda bisa menambahkan cuka atau pembersihkan lantai.

Rutin Mengganti Air Aquarium

Untuk menghindari banyaknya lumut yang menempel pada kaca aquarium, sebisa mungkin untuk melakukan pembersihan dengan menggunakan alat di atas secara rutin. Setidaknya, Anda bisa melakukan pembersihan aquarium minimal satu kali dalam satu minggu. Sebab ikan pun mengeluarkan kotoran dan habitat di dalam aquarium juga akan menimbulkan banyak lumut.

Cara mudah membersihkan kaca aquarium seperti di atas cukup efektif dan sangat direkomendasikan. Dengan mengikuti langkah di atas, maka aquarium Anda tentu akan selalu terlihat bersih. Ikan hias juga semakin cantik untuk selalu dilihat.

Leave a Comment