Gerakan Spesifik dalam Bermain Bola Voli

Olahraga bola voli adalah salah satu cabang olahraga favorit di Indonesia, banyak sekali atlet-atlet berbakat tanah air yang sangat handal bermain bola voli. Sehingga tidak heran jika tim bola voli Indonesia baik tim putra maupun tim putri sudah menorehkan banyak sekali prestasi di kancah internasioal. Tentunya menjadi kebanggaan dan mengharumkan nama Indonesia skala dunia. Bola voli sendiri dimainkan oleh dua tim yang masing-masing tim terdiri dari 6 orang pemain. Dalam bola voli memang sangat memerlukan kerjasama antara pemain serta keterampilan dan kelincahan yang mumpuni.

Bola voli tidak hanya tentang mengoper bola dengan menggunakan semata, tetapi jua terdapat gerakan spesifik serta teknik-teknik yang harus diketahui dan dimiiliki oleh para pemain. Bola voli juga memiliki teknik dasar yang terdiri dari gerakan kaki maupun gerakan tubuh. Kali ini kami akan memberikan informasi terkait dengan Gerakan  Spesifik dalam Bermain Bola Voli serta posisi pemain bola voli antara lain :

  1. Gerakan service

Service sendiri dapat diartikan dengan teknik pukulan awal dalam bola voli. Service dilakukan ketika bola voli baru saja dimulai entah itu di awal pertandingan, setelah jeda istirahat maupun saat akhir pertandingan. Service dilakukan dengan menggunakan telapak tangan bagan kiri untuk melempar bola dan pergelangan tangan bagian kanan. Usahakan posisi siku tangan kanan berada di atas telinga agar bola bisa melampaui net.

  1. Gerakan passing

Gerakan passing ini merupakan salah satu keterampilan dalam melakukan operan bola kepada rekan satu tim di area sendiri sebelum dipukulkan ke area lawan.  Gerakan passing dilakukan dengan cara memukulkan bola dengan menggunakan lengan tangan. Lengan tangan menjadi tumpuan untuk melakukan passing. Disarankan tidak melakukan passing menggunakan area pergelangan tangan karena bola tidak akan terpukul jauh.

  1. Gerakan smash

Gerakan yang satu ini yaitu upaya memukul bola dengan sekuat tenaga serta sudut yang menukik ke area lawan untuk melakukan serangan sehingga bola tidak dapat dikembalikan oleh lawan ke area sendiri. Biasanya gerakan smash ini dilakukan jika bola berada d posisi cukup tinggi dan berada dekat dengan area lawan.

  1. Gerakan blocking

Gerakan yang satu ini adalah gerakan yang dilakukan untuk menghalau bola yang akan di pukul oleh lawan untuk mempersempit ruang tembak serta melindungi area tim sendiri dari serangan lawan.

Itulah informasi seputar Gerakan  Spesifik dalam Bermain Bola Voli yang tentu saja bisa menambah informasi, pengetahuan serta wawasan kita.  Dapatkan informasi seputar bola voli serta olahraga lainnya di desabola. Pada dasarnya, dalam permainan bola voli memang mengandalkan kekuatan tangan karena semua geraka tersebut dominan dilakukan oleh tangan.  Yang jelas sebelum melakukan olahraga voli, anda wajib untuk melakukan pemanasan untuk menghindari terjadinya cedera.

Leave a Comment