Keunggulan Memilih Property Syariah Untuk Keluarga

Kini ada semakin banyak developer property syariah mengembangkan, membangun, serta memasarkan properti yang menjunjung tinggi syariat Islam. Bukan tanpa sebab, menjamurnya developer  propery syariah tentunya terus hadir dan semakin berkembang karena ada permintaan pasar yang semakin tinggi. 

Seperti yang kita tahu, Indonesia menempati posisi pertama negara dengan penduduk beragama Islam terbanyak di dunia. Menurut pewresearch.org, ada setidaknya 231.000.000 umat muslim di tanah air. Tak heran, segala produk yang diproduksi dengan dasar syariat Islam sangat diminati, termasuk produk yang ada  pada sektor jual-beli property. 

Atas dasar hal tersebut, kami kali ini akan membahas mengenai keunggulan memilih property syariah, untuk keluarga Anda. 

  • Harga lebih ekonomis 

Siapa yang tak suka dengan produk berkualitas, namun dengan harga yang lebih terjangkau? Hal ini menjadi salah satu keunggulan dari property syariah. 

Property syariah umumnya tersedia dengan harga yang lebih murah jika dibandingan dengan perumahan biasa, yakni dengan selisih harga sebanyak 10-18 persen. 

  • Meniadakan riba

Seperti yang kita tahu bahwa hukum Islam sangat menentang riba atau penetapan bunga dalam suatu pinjaman. 

Maka tak heran jika Anda ingin mencicil property Anda, Anda tak akan diwajibkan untuk membayar bunga apapun. Hal ini tentu akan lebih menguntungkan Anda. Selain terhindar dari dosa, Anda juga tak harus membayar lebih, bukan? 

  • Nominal pembayaran cicilan yang selalu sama

Karena tidak menerapkanpembayaran bunga yang secara syariat Islam dianggap riba, Anda pun tak perlu khawatir dengan kenaikan uang cicilan karena jumlah cicilan property syariah tak akan bergantung pada naik-turunnya suku bunga ketika pembayaran dilakukan. 

Dengan begini, nominal uang cicilan yang akan dibayarkan setiap periode pun akan selalu sama. 

  • Tak ada BI checking 

BI Checking menyediakan data mengenai riwayat kredit setiap nasabah. Informasi ini saling dipertukarkan oleh berbagai lembaga keuangan dan berbagai bank, sehingga pengajuan kredit Anda terhadap suatu properti akan sangat bergantung pada hasil BI cheking atau riwayat kredit Anda selama ini. 

Namun, jika Anda tak ingin melalui hal-hal tersebut, Anda tak perlu khawatir sebab proses pengajuan kredit property syariah umumnya tak menggunakan BI checking, sehingga proses persetujuannya pun bisa dibilang lebih longgar dibandingkan dengan cicilan properti pada umumnya. 

  • Dilengkapi dengan fasilitas berbasis syariat Islam 

Bagi Anda yang ingin selalu menjunjung tinggi syariat islam, tentu akan semakin mudah menjalankan gaya hidup tersebut jika tinggal di sebuah property yang memiliki fasilitas yang juga bersifat syar’i. 

Dalam perumahan jenis ini, tak akan sulit bagi Anda menemukan masjid dan fasilitas penunjang lainnya. Karena hal ini, Anda pun akan hidup bertetangga yang sama-sama menjunjung syariat Islam. Anda pun akan semakin mudah mendidik si kecil dengan lingkungan dan fasilitas yang saling mendukung. 

Nah, itu tadi adalah penjelasan mengenai kelebihan property syariah. Lantas, apakah Anda lebih memilih property yang bersifat umum, atau yang dibuat dengan basis syariat Islam? Tentu keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikan pendapat Anda, ya!

 

Leave a Comment