Mengenal Kelebihan dan Kekurangan VoIP

Ketika kondisi pandemi dan terjadi pembatasan sosial, aturan untuk bepergian relatif diperketat, mungkin Anda satu dari sekian banyak orang yang telah menggunakan berbagai bentuk teknologi untuk tetap berkomunikasi dengan klien, rekan kerja atau keluarga. Namun pernahkah Anda berpikir, bagaimana cara kerja kita bisa terkoneksi melalui berbagai software dan aplikasi telekomunikasi serta video conference berbasiskan internet? 

Salah satu buah dari perkembangan ilmu dan teknologi adalah terciptanya VoIP, atau Voice Over Internet Protocol. Dalam terjemahan sederhana, kita dapat memahami VoIP sebagai koneksi telepon internet. Dalam teknologi VoIP data suara diubah menjadi kode digital yang dikirimkan melalui jaringan internet, atau internet protocol, di mana kita tidak menggunakan sirkuit analog seperti telepon di masa lalu. Melalui VoIP inilah kita dapat berkomunikasi, berbicara, mendengar dan bahkan melihat satu sama lain melalui layar gadget dengan orang yang jauh dan tidak dibebankan  biaya telepon internasional.

Dalam catatan sejarah, teknologi VoIP diperkenalkan setelah internet mulai berkembang sekitar tahun 1995. Percobaan mengirim suara melalui internet dimulai dari perusahaan seperti Vocaltech dan diikuti oleh Microsoft dengan program Netmeeting, di mana kecepatan koneksi masih sangat lambat dan aplikasi masih terbatas penggunaannya. Di Indonesia, VoIP berkembang di tahun 2000 oleh komunitas “VoIP Merdeka” yang didirikan oleh Onno W. Purbo. Pada tahun 2005, Anton Raharja mengembangkan VoIP jenis baru berbasis Session Initiation Protocol (SIP) yang dikenal dengan VoIP Rakyat.

Peralatan yang dibutuhkan untuk menggunakan VoIP pun relatif mudah didapat, mulai dari komputer/laptop maupun gawai lainnya serta koneksi internet. Untuk menambahkan kualitas visual dan audio, Anda juga dapat menggunakan webcam maupun mikrofon atau earphone.

Layaknya setiap teknologi yang memiliki kelebihan dan kekurangan, begitupun juga VoIP. Ketahui kelebihan dan kekurangan VoIP agar menambah pemahaman Anda terlebih kaitannya dengan perkembangan unit bisnis Anda.

Kelebihan VoIP: 

  • Biaya yang terjangkau. Dengan teknologi VoIP, komunikasi jarak jauh jadi lebih mudah dan murah, tidak menggunakan tarif telepon internasional. Dengan menggunakan internet, biaya yang dikeluarkan jauh lebih terjangkau.
  • Bandwidth yang relatif lebih kecil. Pada masa lalu, penggunaan telepon membutuhkan bandwidth yang besar agar suara bisa didengar dari jarak jauh. Kini, dengan teknologi VoIP, maka hanya dibutuhkan 8 kbps bandwidth untuk melakukan komunikasi via suara.
  • Menggunakan infrastruktur jaringan yang telah tersedia. Dalam beberapa unit bisnis, infrastruktur jaringan telah dibentuk, sehingga memudahkan penggunaan jaringan VoIP.
  • Penggabungan jaringan besar. Beberapa jaringan VoIP dapat disatukan dalam sebuah jaringan yang lebih besar. Penggunaan peralatan yang ada.
  • Dapat digabungkan dengan jaringan telepon lokal. Dengan adanya gateway untuk jaringan VoIP maka mempermudah penyambungan ke PABX yang ada di kantor sehingga komunikasi menggunakan telepon biasa juga dapat digunakan.

Kekurangan VOIP:

  • Adanya jeda komunikasi. Dalam menggunakan teknologi VoIP kerap terjadi jeda yang disebabkan konversi suara menjadi data dan sebaliknya.
  • Kualitas suara tidak jernih. Dengan menggunakan bandwidth yang kecil, maka kualitas suara relatif menurun. Namun pada koneksi internet berjenis pita-lebar seperti Telkom, kualitas terjamin tetap jernih.
  • Adanya potensi hambatan jaringan. Saat VoIP digunakan secara intens dan dipakai oleh banyak pengguna, maka ada kemungkinan jaringan data menjadi penuh. Maka perlu ada pengaturan bandwidth pada unit bisnis Anda agar tidak terganggu karena penggunaan VoIP.
  • Adanya konfigurasi khusus. Pada komputer atau internet yang menggunakan NAT atau Network Address Translation, dibutuhkan konfigurasi khusus untuk menjalankan VoIP..

Teknologi VoIP mungkin dapat menjadi salah satu kebutuhan pada unit bisnis Anda dan Anda mungkin membutuhkan berbagai jasa untuk pengaturan bandwidth serta infrastruktur jaringan yang mumpuni. Telkom Digital Wholesale Service dapat menjadi partner terbaik untuk mengatur infrastruktur jaringan dan komunikasi pada unit bisnis Anda.

Leave a Comment