Permainan Sepak Bola Berasal dari Negara Mana? Ini Asal Usulnya!

Sebagian besar orang Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan permainan sepak bola, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, wanita, pria, hingga nenek-kakek sekalipun. Bahkan ada banyak anak laki-laki yang mempercayakan cita-citanya untuk menjadi pemain atau atlet sepak bola.

Hal tersebut bisa terjadi karena adanya beberapa faktor, seperti murah untuk dinikmati dan seru. Hanya dengan pemain, tanah lapang, dan bola yang dijual di toko seharga kurang dari Rp 10.000 itu, Anda sudah bisa bermain sepak bola hingga puas.

Harga dan caranya sangatlah mudah jika dibandingkan dengan cabang olahraga lain, seperti berkuda, golf, berenang, dan lain sebagainya. Memang, bagaimana sih sejarah permainan sepak bola di Indonesia hingga kemudian diminati banyak orang? Cari tahu jawabannya di bawah ini!

Informasi Sekilas Permainan Sepak Bola

Sudah dibahas sebelumnya bahwa sepak bola adalah salah satu cabang olahraga yang sangat populer di Indonesia maupun dunia. Permainan ini dilakukan secara berkelompok sebanyak 11 orang dengan beberapa pemain cadangan. Mereka mempunyai tugas yang berbeda, antara lain: 

  • Kiper atau penjaga gawang yang bekerja untuk mencegah bola lawan gol.
  • Bek kiri untuk menjaga daerah pertahanan bagian kiri, membantu serangan tim, dan memberikan umpan.
  • Setelah itu, bek kanan untuk menjaga daerah pertahanan bagian kanan, membantu serangan tim, dan memberikan umpan.
  • Gelandang bertahan untuk mencegah serangan lawan sebelum bertemu dengan bek.
  • Kemudian ada gelandang tengah untuk menjaga daerah tim di bagian tengah lapangan.
  • Gelandang serang bertugas menciptakan peluang untuk penyerang tim agar menembakkan bola ke gawang lawan.
  • Penyerang bayangan untuk mengganggu konsentrasi pemain bertahan lawan dan mencetak gol.
  • Adapun penyerang sayap yang bertugas mencetak gol dan membantu serangan di wilayah sayap.
  • Penyerang tengah untuk menerima umpan dan mencetak gol.

Pada pembahasan ini bisa diketahui bahwa bermain sepak bola dan memenangkannya dibutuhkan kekompakan maupun strategi yang baik. 

Agar terlihat semakin kompak dan tidak tertukar dengan tim lain, maka Anda bisa mempertimbangkan bikin jersey printing custom bertuliskan nomor, logo tim, hingga nama pemain.

 

Sejarah Asal Usul Permainan Sepak Bola

Tidak hanya di Indonesia, permainan sepak bola sendiri juga sangatlah populer di seluruh dunia. Namun, sebagian orang pasti pernah berpikiran bahwa permainan ini berasal dari Eropa yang memang dominasi sekelas Piala Dunia.

Tidak disangka-sangka, ternyata menurut Federation Internationale de Football Association (FIFA) mengatakan bahwa permainan sepak bola berasal dari Tiongkok yang mulai dikenal sejak abad ke-2 dan ke-3 sebelum Masehi. 

Pada masa Dinasti Han, masyarakat bermain dengan cara menggiring bola kulit dan menendangkan masuk ke dalam jaring kecil. Walaupun demikian, terdapat beberapa versi mengenai siapa pencetus pertama permainan sepak bola. Ada yang mengatakan itu berasal dari Tiongkok atau Romawi. 

Salah satu catatan sejarah menyatakan bahwa sepak bola sudah ada sejak lebih dari 3.000 tahun yang lalu atau lebih tepatnya pada budaya Mesoamerika kuno oleh Suku Aztec.

Pada abad ke-19, sepak bola modern berkembang pesat di Inggris dan sudah dimainkan oleh beberapa universitas dan sekolah sebagai salah satu olahraga bagi para pelajarnya. Kemudian pada tahun 1857, lahirlah klub sepak bola pertama di dunia, yaitu Sheffiled Football Club Inggris.

Masa depan permainan sepak bola terlihat semakin cerah sehingga didirikan pula induk organisasi sepak bola internasional atau Federation International de Football Association (FIFA) pada tanggal 21 Mei 1904 silam.

Sementara sejarah sepak bola di Indonesia terjadi pada tahun 1914, masa penjajahan Hindia Belanda. Awalnya, permainan ini hanya dimainkan oleh lingkungan orang Belanda dan siswa Indonesia di kota besar.

Permainan sepak bola memang digemari oleh banyak orang terutama kaum pria. Selain itu, sebagai hobi atau olahraga, permainan ini juga kerap kali dimainkan bersama kawan-kawan. 

Agar tim lebih solid dan anggota tidak tertukar dengan tim lain, maka pemain sebaiknya menggunakan kaos futsal printing custom yang unik dan keren.

Leave a Comment